22 Juni 2011

Pengaruh Warna Terhadap Mood



Sadar atau tidak?? Terkadang pilihan warna mencermikan kepribadian kita. Warna juga dapat mempengaruhi mood kita lohh. Berbagai warna mempunyai kesan dan karakter tersendiri. Silahkan lihat di bawah ini ↓


Warna Merahmenggambarkan energi yang penuh semangat, erotisme, symbol dari api, kekerasan, keberanian, aktif, melambangkan kekuatan, kemauan keras, agresif, bersaing. Karena warnanya yang mencolok, pemakaian berlebihan akan menimbulkan kesan marah atau ambisius.
Kesan positif: cinta, energi, kuasa, kekuatan, penderitaan, panas
Kesan negatif: kemarahan, bahaya, peringatan, ketidaksabaran

Warna Putih → Menunjukkan kedamaian, pencapaian diri, spiritualitas, kedewaan, kesucian, kesederhanaan, kesempurnaan, kebersihan, cahaya, takbersalah, keamanan, persatuan. Warna putih sangat bagus untuk menampilkan atau menekankan warna lain serta memberi kesan kesederhanaan dan kebersihan.
Kesan positif: kebaikan, kemurnian, segar, bersih
Kesan negatif: cepat kotor

Warna Hitam → Melambangkan perlindungan, sesuatu yang negatif, mengikat, kekuatan, formalitas, misteri, kekayaan, ketakutan, kejahatan, ketidakbahagiaan, perasaan yang dalam, kesedihan, underground. Sangat tepat untuk menambahkan kesan misteri. Cukup bagus untuk menampilkan karya seni atau fotografi karena membantu penekanan pada warna-warna lain.
Kesan positif: perlindungan, dramatis, serius, bergaya/anggun, formalitas, elegant
Kesan negatif: kerahasiaan, kematian, kejahatan, kegaiban

Warna Biru → Memberikan kesan komunikasi, peruntungan yang baik, kebijakan, perlindungan, inspirasi spiritual, tenang, kelembutan, dinamis, air, laut, kreativitas, cinta, kedamaian, kepercayaan, loyalitas, kepandaian, panutan, kekuatan dari dalam, kesedihan, kestabilan, kepercayaan diri, kesadaran, pesan, ide, berbagi, idealisme, persahabatan dan harmoni, kasih sayang. Warna ini memberi kesan tenang dan menekankan keinginan. Obyek dan gambar biru pada dasarnya dapat menciptakan perasaan yang dingin dan tenang. Warna Biru juga dapat menampilkan kekuatan teknologi, kebersihan, udara, air dan kedalaman laut.
Kesan positif: keheningan, mencintai, kesetiaan, keamanan, percaya, intelligence
Kesan negatif: kedinginan, ketakutan, kejantanan

Warna Hijau → Menunjukkan warna bumi, penyembuhan fisik, kelimpahan, keajaiban, tanaman dan pohon, kesuburan, pertumbuhan, muda, kesuksesan materi, pembaharuan, daya tahan, keseimbangan, ketergantungan dan persahabatan. Dapat digunakan untuk relaksasi, menetralisir mata, memenangkan pikiran, merangsang kreatifitas.
Kesan positif: pertumbuhan, kesuburan, kesegaran
Kesan negatif: iri hati, kecemburuan, kesalahan, kekacauan

Warna Kuning → Kuning itu Spongebob..hehehe. Merujuk pada matahari, ingatan, imajinasi logis, energi sosial, kerjasama, kebahagiaan, kegembiraan, kehangatan, loyalitas, tekanan mental, persepsi, pemahaman, kebijaksanaan, penghianatan, kecemburuan, penipuan, kelemahan, penakut, aksi, idealisme, optimisme, imajinasi, harapan, musim panas, filosofi, ketidakpastian, resah dan curiga. Warna Kuning merangsang aktivitas mental dan menarik perhatian, Sangat efektif digunakan pada saat menekankan perasaan bahagia dan kekanakan.
Kesan positif: terang/cerdas, energi, matahari, kreativitas, akal, bahagia
Kesan negatif: penakut, tidak bertanggungjawab, tidak stabil

Warna Merah Muda  →  menunjukkan simbol kasih sayang dan cinta, persahabatan, feminin, kepercayaan, niat baik, pengobatan emosi, damai, perasaan yang halus, perasaan yang manis dan indah.
Kesan positif: sehat, bahagia, feminin, manis, suka melucu
Kesan negatif: kelemahan, kewanitaan, ketidakdewasaan

Warna Ungu  →  Menunjukkan pengaruh, pandangan ketiga, kekuatan spiritual, pengetahuan yang tersembunyi, aspirasi yang tinggi, kebangsawanan, misteri, pencerahan, telepati, empati, arogan, kepercayaan yang dalam, ambisi, magic atau keajaiban, harga diri.
Kesan positif: kemewahan, hangat, kebangsawanan
Kesan negatif: misteri, kegaiban, janda

Warna Emas →  Mencerminkan kedudukan, kesehatan, keamanan, kegembiraan, kebijakan, arti, tujuan, pencarian kedalam hati, kekuatan mistis, ilmu pengetahuan, perasaan kagum, konsentrasi.
Kesan positif: kekayaan, kemakmuran, berharga
Kesan negatif: ketamakan, pemimpi

Warna Orange →  Menunjukkan kehangatan, antusiasme, persahabatan, pencapaian bisnis, karier, kesuksesan, kesehatan pikiran, keadilan, daya tahan, kegembiraan, gerak cepat, sesuatu yang tumbuh, ketertarikan, independensi. Disamping itu warna Orange memberi kesan yang kuat pada elemen yang dianggap penting.
Kesan positif: keberanian, kepercayaan, kehangatan/keramahan, keakraban, sukses
Kesan negatif: ketidaktahuan, melempem, keunggulan
Warna Coklat →  Menunjukkan persahabatan, pemikiran yang materialis, reliabilitas, kedamaian, produktivitas, praktis, kerja keras. Warna coklat sangat tidak menarik apabila digunakan tanpa tambahan gambar dan ornamen tertentu, coklat harus didukung ornament lain agar menarik.
Kesan positif: ramah
Kesan negatif: konservatif

Warna Abu-abu →  Mencerminkan keamanan, kepandaian, tenang dan serius, kesederhanaan, kedewasaaan, praktis, kesedihan, bosan, profesional, kualitas, diam, tenang.
Kesan positif: keamanan, keandalan, kecerdasan/inteligen, padat
Kesan negatif: muram, sedih

2 komentar: