14 Juni 2011

Beberapa Stadion Terbesar di Dunia

1. Rungrado May Day Stadium

Location                            Pyongyang, North Korea
Opened                              May 1, 1989
Surface                              Grass
Capacity                            150,000
Field dimensions                 Mainpitch - 22,500
                                         Total floor space - over 207,000 m²


Stadion May Day adalah sebuah stadion multi-fungsi di Pyongyang. Merupakan stadion terbesar didunia saat ini. Rungrado May Day Stadium dibangun sebagai sebuah stadion utama untuk edisi 13 Festival Pemuda dan Pelajar Dunia pada tahun 1989. Saat ini digunakan untuk pertandingan sepak bola, atletik, beberapa buah pertandingan, tapi paling sering untuk Festival Arirang (juga dikenal sebagai Mass Games). Stadion ini memiliki 150.000 kursi, yang merupakan stadion non-balap mobil berkapasitas terbesar di dunia.

Nama stadion ini diambil dari nama Pulau Rungra yang terletak di Sungai Taedong, tempat stadion ini berasal, dan May Day merupakan perayaan hari buruh internasional, yang terutama dirayakan di kalangan komunis. Atapnya yang bergelombang memiliki 16 lengkungan yang diatur seperti sebuah cincin, yang dapat dikatakan menyerupai parasut atau kembang magnolia.

2. Yuva Bharati Krirangan


Dalam bahasa Bengali: যুবভারতী ক্রীড়াঙ্গন, Yuva Bharati Krirangan atau Stadion Pemuda India) atau dikenal sebagai Stadion Salt Lake, adalah sebuah stadion multi-fungsi dalam  Bidhannagar, Kolkata, Benggala Barat.

Location       Kolkata, West Bengal, India       
Opened        1984
Owner         Government of West Bengal        
Surface        Grass (Astroturf) with an Olympic-class athletics tr
Capacity      120,000

Stadion ini adalah terbesar kedua non-mobil balap stadion di dunia dan yang terbesar di sub-benua India. Saat ini digunakan untuk pertandingan sepak bola dan atletik. Stadion ini berbentuk elips. Atapnya terbuat dari tabung logam dan aluminium lembaran dan beton . Ada dua papan skor elektronik dan ruang kontrol, pencahayaan ini merata untuk memfasilitasi olahraga malam hari.  Ada pengaturan khusus untuk siaran TV.




3. Estadio Azteca, Azteca Stadium


 
Location                         Mexico City, Mexico
Broke ground                  1961
Opened                          May 29, 1966
Renovated                      1985
Owner                            Televisa
Operator                         América
Surface                           Grass
Construction cost             MXN$ 260 million
Architect                         Pedro Ramírez Vázquez
  Rafael Mijares Alcérreca
Capacity                         104,000


Estadio Azteca : [estaðjo aθteka], Stadion Aztec) adalah stadion dari tuan rumah tim Nasional Sepak Bola Meksiko dan tim Meksiko Club America. Stadion ini adalah tempat untuk pertandingan sepak bola di Olimpiade 1968. Stadion ini juga menjadi tuan rumah "Game of The Century" Dengan kapasitas 105.064, stadion ini adalah stadion terbesar kelima di dunia dan tujuan dibangun stadion sepak bola terbesar di luar Asia.



4. Bukit Jalil National Stadium

 


Lokasi          Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia
Dibuka         1998
Permukaan    Lapangan rumput Lintasan atletik
Kapasitas      110.000

Bukit Jalil National Stadium terletak di dalam Kompleks Olahraga Nasional Bukit Jalil, di sebelah selatan ibukota Malaysia, Kuala Lumpur. Stadion ini adalah stadion multifungsi yang mampu menampung hingga 110.000 orang. Pemerintah Malaysia membangun stadion ini pada tahun 1998 untuk melengkapi penyelenggaraan Commonwealth Games 1998 dengan kontraktor United Engineers Malaysia Bhd. Dan selesai dibangun 3 bulan sebelum batas akhir. Stadion ini kemudian menjadi pusat dan bangunan olahraga paling terkemuka di Malaysia yang menempati lahan seluas 1,2 km².


Stadion ini merupakan stadion markas Malaysia dan juga menjadi tempat penyelenggaran beberapa pertandingan final kompetisi lokal Malaysia. Awalnya, stadion ini dibangun dengan tujuan untuk menyelenggarakan Commonwealth Games, tetapi sekarang stadion ini telah berkali-kali digunakan untuk berbagai macam kegiatan, seperti untuk menyelenggarakan beberapa pertandingan dalam Piala Asia AFC 2007 yang lalu.

5. Jawaharlal Nehru Stadium
Lokasi                New Delhi, India   
Dibangun            1982
Direnovasi           2010 
Kapasitas            60,000

Jawaharlal Nehru International Stadium (lokal dikenal sebagai Kaloor Stadion Internasional) adalah sebuah stadion internasional  di Kochi, Kerala. Stadion ini memiliki kapasitas 60.000. Merupakan stadion terbesar kedua di India setelah Taman Eden di Kolkata.

Awalnya dibangun sebagai stadion sepak bola dan telah menjadi tuan rumah sejumlah internasional kriket dan pertandingan sepak bola. Fungsi lain stadion ini adalah sebagai tempat untuk pameran penting, acara bioskop dan demonstrasi politik di kota. Stadion ini dilengkapi dengan lampu sorot untuk bermain di malam hari. Arsitektur stadion adalah unik dibandingkan dengan stadion lain di India.Aspek Inovatif sebagian besar stadion adalah menara lampu unik dari 2 lampu sorot kW yang bila diaktifkan dapat sepenuhnya memberikan tingkat pencahayaan untuk siaran HD.

6. Melbourne Cricket Ground (MCG)


Location                     Yarra Park, Melbourne, Victoria
Establishment              1854
Capacity                     100,018  (includes standing room)
Owner                        Government of Victoria
Architect                     Various
Operator                      Melbourne Cricket Club




Melbourne Cricket Ground berkapasitas 100.000 penonton, stadion ini adalah yang terbesar di Australia dan terbesar kedelapan di dunia, dan merupakan salah satu stadion kriket paling terkenal di dunia. 
Selain pertandingan kriket, stadion ini juga sering digunakan untuk pertandingan Australian Foot Ball (khususnya pertandingan Final Akbar AFL pada September). Melbourne Cricket Ground juga adalah stadion utama Olimpiade Melbourne 1956 dan Pesta Olahraga Persemakmuran 2006. Di samping itu, konser musik maupun pertandingan olahraga lainnya juga kadang dilaksanakan di stadion ini.
Stadion ini dibangun pada tahun 1853 dan dibuka setahun kemudian. Saat itu satu-satunya tribun yang ada mempunyai sekitar 2.000 kursi. Hingga tahun 1970-an, stadion ini menampung lebih dari 120.000 penonton. Rekor jumlah penonton terbesarnya adalah sekitar 130.000 pada sebuah acara keagamaan yang dipandu  Billy Graham pada tahun 1959. Sejak saat itu, renovasi dan peraturan keselamatan telah mengurangi kapasitasnya sehingga kini hanya menampung 100.000 penonton.

7. Estádio Jornalista Mário Filho

 
Location                       Rio de Janeiro, Brazil
Broke ground                August 2, 1948
Opened                         June 16, 1950
Renovated                    2007, 2012
Owner                          Rio de Janeiro State Government
Surface                         Grass
Architect                       Waldir Ramos, Raphael Galvão, Miguel Feldman, Oscar Valdetaro, Pedro Paulo B. Bastos, Orlando Azevedo, Antônio Dias Carneiro
Capacity                        95,000


 
Para Estádio do Maracanã : [eʃtadʒiu du maɾakɐnɐ] ), secara resmi Estádio Mário Filho Jornalista, adalah stadion udara terbuka di Rio de Janeiro, Brazil. Dimiliki oleh Rio de Janeiro Pemerintah Negara, ia dinamai setelah lingkungan maracana di Rio de Janeiro. Dibuka pada tahun 1950 untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA, dan di pertandingan final Brasil dipukuli 2-1 oleh Uruguay. Sejak saat itu, terutama digunakan untuk pertandingan sepak bola antara klub sepak bola utama di Rio de Janeiro, termasuk Bot afogo, Flamengo, Fluminense dan Vasco da Gama.
Seiring waktu,  stadion ini juga telah menjadi ruang multi-karakter untuk menerima peristiwa lain seperti pameran dan permainan dari olahraga lainnya, seperti bola voli. Setelah beberapa karya modernisasi, kapasitas saat ini stadion adalah 82.238 penonton, sehingga menjadi stadion terbesar di Brasil dan Amerika Selatan.
Maracanã saat ini sedang ditutup untuk renovasi dan upgrade, dan akan mencapai total kapasitas sekitar 85.000 penonton dalam persiapan untuk Piala Konfederasi 2013 di Piala Dunia 2014 di Copa America 2015, di Olimpiade Musim Panas 2016. Pembukaan Stadion  kembali diperkirakan untuk 2013 awal. 

8. Wembley National Stadium Limited
               

 
 
Location                     London, England
Broke ground              2003
Built                           2003–2007
Opened                       2007
Owner                        The Football Association
Operator                    Wembley National Stadium Limited
Surface                       Surface
Construction cost        GBP £900 million (2007)[1] (USD $1.57 Billion)
Architect                     Foster and PartnerPopulous, Nathaniel Lichfield and Partners (planning consultants)
Project Manager         Symonds
Capacity                    90,000 (football, rugby league, rugby union) 86,000 (American football) 75,000 to 90,000 seated and 15,000 standing (concerts) 68,400 to 72,000 (athletics)


 
Stadion Wembley awalnya disebut Stadion Kekaisaran, sering disebut sebagai "The Twin Towers" dan merupakan salah satu yang paling terkenal stadion sepakbola dunia sampai pembongkaran pada tahun 2003.
Kapasitas tempat 90.000, merupakan stadion terbesar kedua di Eropa , dan berfungsi sebagai stadion nasional Inggris. Stadion ini adalah tempat rumah dari Tim Nasional Sepak Bola Inggris dan tahap terakhir dari cangkir kompetisi domestik klub top, Pila FA
Sebuah fitur tanda tangan dari stadion, sebagai lanjutan dari khas di Wembley tua itu Twin Towers, adalah 134 meter (440 kaki) tinggi Wembley Arch. Dengan rentang 317 meter (1.040 kaki), ini adalah lengkungan baja struktur atap bentang tunggal terpanjang di dunia dan, khusus untuk stadion, membutuhkan rambu pesawat terbang rendah. Stadion itu dibangun oleh perusahaan Australia Multiplex dengan biaya £ 798,000,000. Para Wembley lama ditutup pada bulan Oktober 2000, dengan pembongkaran awalnya ditujukan untuk itu Desember dan stadion baru akan dibuka pada tahun 2003. Setelah penundaan terhadap proyek, dengan pembongkaran pertama kali dimulai pada bulan September 2002, Wembley tua itu tidak sepenuhnya dihancurkan sampai Februari 2003, dengan stadion baru yang dijadwalkan untuk membuka pada waktunya untuk FA Cup 2006. Setelah penundaan lebih lanjut, stadion disampaikan hampir setahun akhir, mengarah ke sengketa hukum antara WNSL dan Multiplex, yang akhirnya menimbulkan kerugian yang signifikan pada proyek tersebut. Stadion itu diserahkan pada tanggal 9 2007, Maret pada waktunya untuk tuan rumah Final Piala FA 2007.

9. Azadi Stadium
Former names               Aryamehr Stadium
Location                       Aryamehr Stadium
Built                            1971
Renovated                    2002-2003
Owner                          Iran Physical Education Organization
Surface                         Grass
Scoreboard                   104m² Jumbotron
Architect                       Abdolaziz Farmanfarmaian
Capacity                       100,00


Stadion Azadi ; Aryamehr Stadion (Persia : ورزشگاه آریامهر) adalah Iran's stadion nasional dan terbesar di negara ini. Stadion Azadi resmi memiliki kapasitas 100.000 orang dan dibangun menjadi tuan rumah Asian Games 1974. Stadion ini merupakan bagian dari Azadi Sports Complex jauh lebih besar, dan dikelilingi oleh sebuah sungai dayung, lapangan sepak bola pelatihan, sebuah kompleks angkat besi, fasilitas renang dan voli indoor dan lapangan futsal, di antara amenity lainnya. Stadion Azadi adalah stadion sepak bola terbesar kelima di dunia, keempat di Asia dan pertama di Timur Tengah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar