19 Juni 2011

Kamar Tidur



Bagi remaja kamar tidur merupakan ruangan yang sangat personal di dalam rumah. Kebanyakan para remaja menjadikan kamar tidur sebagai ruang privasi karena tidak ingin diintervensi oleh siapa pun. Fungsi utama kamar tidur adalah sebagai tempat tidur. Tapi para remaja banyak yang menggunakan kamar tidur sebagai tempat belajar, ngumpul bareng teman, dsb.

Biasanya remaja ingin mendesain kamar mereka semenarik mungkin. Mulai dari warna, tata letak furniture akan sangat mereka perhatikan. Boleh dibilang, bagi seorang anak remaja, kamar tidur merupakan tempat di mana mereka dapat berkreasi dan mengekspresikan jati diri secara bebas. Bahkan para remaja ini biasanya melengkapi kamar dengan peralatan yang menunjang kreativitas mereka.

Untuk perabot, para remaja ini umumnya cenderung menyukai gaya minimalis dengan warna-warna warm color seperti kuning, merah, oranye dan jingga. Namun demikian, tidak sedikit juga dari mereka yang menyukai warna-warna cool color seperti ungu, biru dan hijau. Warna-warna ini tanpa disadari penting sekali untuk menghidupkan suasana dan menambah kenyamanan kamar tidur.

Banyak berbagai macam desain kamar tidur, diantaranya adalah :

Kamar Tidur Minimalis
Ada beberapa faktor yang perlu di kaji dalam mendesain kamar tidur minimalis. Selain warna, faktor pencahayaan juga mempengaruhi, karena pencahayaan mampu membuat suasana dan kesan desain yang minimalis. Kamar tidur yang memberikan kesan minimalis cocok untuk anak-anak yang hiperaktif, karena memberikan sensasi hangat, nyaman dan tenang.
warna hitam & putih hadirkan kesan minimalis  





Kamar Tidur Dengan Warna – Warna Ceria
Warna – warna yang ceria dapat memberikan kesan yang positif. Warna-warna ceria senada dengan jiwa anak-anak yang penuh keceriaan. Mereka senang memilih warna seperti kuning, merah, biru daripada warna seperti hitam, abu-abu dan coklat. Warna-warna cerah membuat mereka senang. Pilihan warna cerah untuk kamar tidur anak juga mempunyai efek meningkatkan peredaran darah dan memacu semangat bagi orang yang melihatnya, terutama pada anak-anak.

warna cerah hadirkan keceriaan pada anak-anak


Kamar Tidur Dengan Warna Hangat
Warna-warna hangat dapat memberikan rasa hangat, akrab dan tenang. Warna-warna ini menciptakan rasa kedekatan dan menenangkan. Namun, warna seperti merah dan orange dapat menstimulasi dan menyenangkan orang yang melihatnya.

Warna merah secara berlebihan dapat memberikan kesan kemarahan dan ambisi.
Memberi kesan ceria, hangat, bahagia, penuh energi dan membangkitkan semangat.
Kamar Tidur Dengan Warna Dingin
Warna-warna dingin berada pada sisi berwarna biru muda, hijau, ungu dan putih. Warna dingin memiliki efek menenangkan. Walaupun warna dingin yang sangat gelap dapat memberikan efek depresi pada orang yang melihatnya. Warna dingin cenderung memberikan kesan dingin, menenangkan dan membuat ruangan terasa lebih luas dan elegan.

Warna yang menggambarkan nuansa alam.

Efek dari warna ini adalah memberi suasana harmonis, teduh, santai, alami, menyejukkan, menyegarkan dan menenangkan. Ruang tidur cocok bila menggunakan warna ini.










warna laut dan langit
Biru merupakan warna laut dan langit yang mengesankan ketenangan, kesunyian, kedamaian, kenyamanan dan perlindungan. Efek lainnya adalah memberi kesan lega dan luas.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar